4 Keutamaan Sedekah Jumat Bagi Seorang Muslim

Sedekah jumat memang sangat lazim dilakukan oleh seorang Muslim. Apalagi di era modern ini, di mana penyaluran sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk melalui QRIS. Tak jarang pula beberapa Masjid atau Lembaga yang bersedia melayani jemaahnya secara digital, agar memudahkan mereka menunaikan amalan terbaiknya.

Terlepas dari mulianya hari Jumat bagi umat Muslim, lantas muncul banyak pertanyaan mengenai sedekah Jumat, mulai dari apa keutamaannya, hingga bagaimana hukumnya. Di pembahasan ini, kami akan mengulas secara ringkas mengenai berkah yang didapat dari amalan tersebut, lengkap dengan keutamaannya. Maka dari itu, yuk simak tulisannya sampai tuntas!

Apa Itu Sedekah Jumat?

Sebagaimana kita ketahui, sedekah merupakan sebuah ungkapan kasih atau sayang yang kerap dilakukan dalam kehidupan sehari-hari seorang Muslim kepada sesama saudaranya. Sebagai agama yang mengajarkan kebaikan kepada sesama pemeluknya, sedekah merupakan sebuah amalan yang mulia dan sangat dicintai Allah SWT.

Sedekah juga bisa menjadi cara kita sebagai umat Muslim dalam mewujudkan rasa Syukur dan karunia yang diberikan oleh Allah SWT. Hal tersebut sudah tercantum dalam QS Al-Baqarah, ayat 254 yang berbunyi:

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.”

Ayat di atas menganjurkan kita untuk tidak menunda-nunda kebaikan atas rezeki yang kita peroleh dari Allah SWT, terutama di waktu-waktu mulia, seperti hari Jumat.

Lalu, apa maksud dari sedekah Jumat? Sebetulnya, setiap waktu sama baiknya di mata Allah untuk menunaikan sedekah. Namun ada waktu-waktu mulia yang dianjurkan Allah untuk bersedekah, yakni pada hari Jumat. Atas dasar itulah kini istilah bersedekah di hari jumat marak beredar di masyarakat Muslim. Tentunya, hal itu sangatlah baik, mengingat jargon-jargon tersebut memiliki dampak yang sangat besar kepada para donator untuk tergerak hatinya dalam berbuat kebaikan.

Baca Juga: Manfaat Sedekah Subuh, Dapat Menyempurnakan Amalan!

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam Asy Syafii, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Dari kutipan tersebutlah maka dikuatkan bahwa sedekah Jumat memiliki manfaat berkah yang berlimpah.

4 Keutamaan dan Manfaat Sedekah Jumat

Setelah mengetahui tentang ketentuan dan definisi dari sedekah Jumat, kini ada baiknya kita mengenal keutamaan serta manfaatnya bagi umat. Mari catat poin-poin berikut!

Mendapatkan Pertolongan pada Hari Akhir

Melakukan Sedekah Jumat dapat mendatangkan pahala yang berlimpa juga membantu menolong atau syafaat pada hari akhir. Sebagaimana kita tahu, cara menghadapi hari akhir adalah dengan memperbanyak amalan dan perbuatan baik di dunia, salah satunya sedekah. Maka lakukanlah dengan Ikhlas untuk mengharap ridho Allah dalam menolong kita di hari akhir.

Membuka Pintu Rezeki

Pernahkah kalian merasa memiliki hal yang mengganjal dari hidup kalian? Mungkin itulah sebab dari kurangnya bersedekah. Dengan bersedekah di hari jumat, pintu rezeki akan dibukakan oleh Allah SWT, dan seorang Muslim akan dijauhkan dari kesengsaraan. Melakukan sedekah Jumat juga berarti mempermudah jalan rezeki kita dan keluarga kita.

Baca Juga: Hukum dan Ketentuan Sedekah Online

Memperkuat Tali Silaturahmi

Sebgai makhluk sosial, manusia memang seyogyanya saling membutuhkan satu sama lain, terutama umat Muslim. Maka, dengan melakukan sedekah Jumat, kita sudah mempererat tali persaudaraan sesama Muslim dari berbagai kalangan. Sedekah Jumat bisa dilakukan melalui Masjid, Lembaga, atau perorangan. Dari sanalah kita akan terkoneksi dengan berbagai macam teman dan saudara sesama Muslim di berbagai penjuru lokasi.

Mendapat Berkah yang Berlimpah

Terakhir, sebagaimana kita singgung sedari awal, sedekah Jumat merupakan ajang kita untuk memperoleh berkah yang berlimpah dari Allah SWT. Dengan pahala yang dilipatgandakan, seorang Muslim dapat berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan di hari Jumat yang agung. Maka, tak ada salahnya bagi seorang Muslim dalam bersaing pada kebaikan.

Itulah tadi sejumlah penjelasan mengenai sedekah Jumat dan berbagai keutamaannya. Terlepas dari kapan dan apa yang disedekahkan, tak ada salahnya untuk kita sebagai umat Muslim dalam berlomba-lomba melakukan kebaikan dengan sedekah di hari Jumat. Jadi, sudah siap untuk menunaikan sedekah jumat? Yuk klik tombol di bawah!

Sedekah Jumat

Leave a Comment