6 Tips Menyimpan Daging Qurban yang Baik dan Benar

Idul adha memang identik dengan daging qurban. Lantas apakah ada tips menyimpan daging qurban agar bisa tahan lama dan tidak cepat membusuk? 

Bagi Sobat Wakaf yang gemar dengan daging domba atau sapi, tenang aja! Karena di pembahasan kali ini, kita akan sama-sama membahas tips menyimpan daging qurban, khususnya agar masih enak ketika dimasak. Karena sebagaimana yang kita tahu, kita tidak akan memakan semua daging qurban nya dalam waktu satu hari, kan?

Pentingnya Penanganan Awal Daging Qurban

Ketika berbicara mengenai tips menyimpan daging qurban, maka sudah pasti kita berbicara pula tentang teknik dan cara yang benar agar daging bisa bertahan lama. Jika salah cara menyimpan, maka daging bisa busuk, bahkan buyar seperti bubur.

Penanganan awal daging qurban sangatlah berpengaruh pada tips menyimpan daging qurban selanjutnya. Daging qurban harus dijaga secara higienis, karena kualitas pangan yang dikonsumsi sangatlah menentukan kualitas sumber daya manusianya.

Untuk membentuk manusia yang sehat dan produktif, maka diperlukan asupan gizi yang cukup. Gizi yang cukup diperoleh dari konsumsi pangan yang memenuhi kaidah aman, bergizi, berimbang, dan beragam (AB3). Maka dari itu, janganlah sampai daging qurban yang kita konsumsi mengalami penurunan kadar gizi.

Baca Juga: 8 Tata Cara Qurban Online dan Penjelasannya

Lantas bagaimana penanganan awal daging qurban yang baik dan benar?

  1. Potong daging dengan pisau tajam dan tidak berkarat
  2. Simpan daging di wadah bersih
  3. Simpan wadah di tempat teduh

6 Tips Menyimpan Daging Qurban

Jangan Mencuci Daging

Banyak orang yang belum tau, bahwa mencuci daging dapat membuat daging menjadi tidak awet dan segar. Maka dari itu, hindari mencuci daging dengan air karena hal tersebut berpotensi mengundang bakteri dari air yang masuk ke dalam daging. Selain itu, air yang tercampur ke dalam daging akan membuat dagingnya berubah rasa.

Potong Daging Kecil-kecil

Sebelum menyimpan daging ke dalam kulkas, sebaiknya kamu memotong-motong dagingnya terlebih dahulu dalam ukuran kecil. Hal ini dilakukan biar kamu mudah dalam proses mengolah, dan memarinasi daging. Sebaiknya potong daging dan bagi-bagi tempatnya untuk kebutuhan sekali masak, sehingga kesegaran daging masih tetap terjaga.

Marinasi Daging

Ingin bumbu daging meresap sampai ke dalam dalam? Yuk marinasi dagingmu! Kamu bisa nambahin garam, penyedap rasa, hingga merica sebelum memasukkan dagingmu ke dalam kulkas. Selain itu, kalau punya saus BBQ, boleh banget tuh buat diolesin biar menyerap sebelum dimasak!

Sesuaikan Suhu Freezer

Setelah melakukan marinasi, kamu bisa menyesuaikan suhu freezer kulkasmu sesuai dengan standar yang diberlakukan oleh Food and Drug Administration (FDA). Suhu yang ideal untuk menyimpan daging segar adala minus 18 derajat celcius di dalam freezer.

Jangan Bekukan Daging yang Sudah Cair

Daging yang sudah keluar dari freezer, haruslah dimasak dan dihabiskan saat itu juga. Itulah kenapa kami menyarankan untuk membedakan wadah di setiap daging dalam jumlah yang kecil. Agar ketika ingin memasak dengan porsi yang kecil, kamu tinggal memilih bagian daging yang diinginkan terlebih dahulu agar tidak mubazir. Karena daging yang dibekukan kembali akan membuat kualitas daging menurun, bahkan menjadi busuk.

Segera Masak Dagingmu

Terakhir, segeralah masak dagingmu! Ingat, bahwa daging bukanlah makanan atau minuman fermentasi yang semakin lama disimpan akan semakin enak. Sebaliknya, kesegaran daging akan terus menurun seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menghabiskan dagingmu langsung bersama keluarga dan kerabat terdekat!

Baca Juga: Hukum Kurban Atas Nama Keluarga, Emang Boleh?

Itulah tadi 6 tips menyimpan daging qurban yang baik dan benar. Qurban adalah bentuk syukur kita kepada Allah. Melalui qurban, kita bisa berbagi berkah bersama orang-orang yang membutuhkan. Wakaf Salman mengajak Sobat Wakaf sekalian untuk menggandakan pahala Qurbanmu melalui program Qurplus, atau Qurban Plus Wakaf!

Program Qurplus sendiri adalah sebuah penawaran khusus bagi Sobat Wakaf sekalian yang ingin mendapatkan ganjaran pahala jariyah dan kebermanfaatan yang luas dalam satu momentum yang sama. Selain lewat qurban, Sobat Wakaf juga akan mendapatkan berkah berlipat lewat Wakaf yang disalurkan sesuai dengan kebutuhan umat.

Yuk, pantengin terus update program Qurplus!

Klik di Sini

2 thoughts on “6 Tips Menyimpan Daging Qurban yang Baik dan Benar”

Leave a Comment