5 Keutamaan Puasa Bulan Muharram, Jangan Sampai Dilewatkan!

Halo Sobat Wakaf! Udah pada tau belum tentang keutamaan puasa bulan Muharram? Atau Sobat Wakaf lebih familiar dengan istilah puasa Asyura?

Mari kita bahas bareng-bareng tentang satu amalan puasa yang spesial ini. Singkatnya, puasa Asyura adalah puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Muharram, tepatnya tanggal 10 Muharram. Ada banyak banget lho keuntungan dan keutamaan puasa bulan Muharram yang bisa kita dapat.

Dari pada makin penasaran, yuk simak pembahasannya sampai habis!

Keuntungan Puasa Tasu’a dan Asyura

1. Puasa yang Paling Utama

Nah, ini nih yang bikin puasa bulan Muharram jadi spesial banget. Hadits riwayat muslim menjelaskan, Rasulullah sallallahu alaihi wasallam pernah menyampaikan bahwa puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, yaitu Muharram. 

Artinya apa? Artinya jika Sobat Wakaf berpuasa di bulan Muharram, pahalanya bisa ngalahin puasa sunnah di bulan-bulan lain. Jadi, mari kita manfaatkan kesempatan emas ini ya!

Selain itu, keutamaan puasa Muharram juga disebabkan karena Muharram adalah salah satu bulan mulia, bersama Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dan Imam Ibnu Majah, Rasulullah bersabda, “Berpuasalah di bulan Sabar (Ramadhan) dan tiga hari setelahnya, juga puasalah pada bulan-bulan mulia.” (HR Abu Dawud, Ibnu Majah dan lainnya).

Baca Juga: Inilah 5 Contoh Wakaf untuk Pemberdayaan Umat!

2. Meleburkan Dosa Setahun yang Telah Lewat

Siapa sih yang nggak pengen dosa-dosanya diampuni? Keutamaan puasa bulan Muharram berikutnya adalah diampuni dosa setahun yang telah lewat. Jika Sobat Wakaf berpuasa Asyura, insya Allah dosa-dosa setahun ke belakang bakal diampuni loh. Subhanallah! 

Sebagaimana telah diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah, “Sungguh Rasulullah saw bersabda pernah ditanya tentang keutamaan puasa hari Asyura, lalu beliau menjawab: ‘Puasa Asyura melebur dosa setahun yang telah lewat’.” (HR Muslim).

3. Pahala Berpuasa Sehari Setara dengan Berpuasa 30 Hari

Keutamaan puasa bulan Muharram yang tidak kalah menarik adalah pahalanya yang berlipat ganda. Bahkan, berpuasa 1 hari di bulan Muharram setara dengan pahala berpuasa selama 30 hari di bulan lain.

Keutamaan puasa bulan Muharram ini dikutip dalam al-Mu’jamus Shaghir dari hadits riwayat at-Thabrani, sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, leburlah dosa 2 tahun untuk orang yang berpuasa di hari Arafah dan bagianya pahala 30 hari puasa untuk orang yang puasa di bulan Muharram.

4. Pembeda dengan Umat Yahudi

Dalam sebuah hadits riwayat Ahmad, diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah SAW menganjurkan untuk puasa pada hari Asyura dan puasa satu hari sebelum atau sesudahnya untuk membedakan dengan umat Yahudi.

Puasa satu hari sebelum atau sesudah hari Asyura adalah salah satu cara untuk membedakan diri kita dari umat Yahudi yang hanya berpuasa di tanggal 10 Muharram sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Musa AS. Umat Yahudi berpuasa untuk menghormati Nabi Musa yang memenangkan pertempuran melawan Firaun.

5. Setara Pahala 10.000 Malaikat

Keuntungan puasa bulan Muharram yang satu ini bener-bener bikin kita terkagum-kagum. Apakah pernah Sobat Wakaf bayangkan sebelumnya dengan puasa kita mendapatkan pahala yang setara dengan 10.000 malaikat? Subhanallah.

Keuntungan puasa bulan muharram ini dijelaskan dalam sebuah hadits riwayat Muslim yang menjelaskan bahwa Allah SWT memberikan pahala 10.000 malaikat bagi yang puasa di hari Asyura. Dan, bagi yang puasa di hari Asyura, Allah SWT memberikan pahala 10.000 orang berhaji dan berumrah serta 10.000 pahala syuhada.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Zakat Infak Sedekah dan Wakaf

Jadwal Puasa Tasu’a dan Asyura

Puasa Tasu’a adalah puasa yang dilaksanakan sehari sebelum puasa Asyura. Sedangkan puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram, yang berarti sehari sebelumnya adalah hari puasa Tasu’a, yaitu tanggal 9 Muharram.

Itulah keutamaan puasa bulan Muharram atau puasa Asyura. Yuk Sobat Wakaf, kita catat tanggalnya dan siap-siap buat ngelakuin puasa sunnah ini. Mari kita berlomba-lomba berlomba-lomba memperoleh keberkahan di bulan mulia ini.

Selain berpuasa, ada amalan baik lainnya yang bisa kita lakukan di bulan Muharram – yang ganjaran pahalanya tak kalah berlipat, yaitu sedekah. Jadi, buat Sobat Wakaf yang sudah berpuasa Tasu’a dan Asyura serta ingin menyempurnakan amalan di bulan Muharram ini, yuk ajak teman, keluarga, dan kerabatnya buat bersedekah!

Klik tombol di bawah ini ya!

1 thought on “5 Keutamaan Puasa Bulan Muharram, Jangan Sampai Dilewatkan!”

Leave a Comment