Wakaf Salman Mudahkan Warga NTT Mendapatkan Akses Air Bersih

Wakaf Salman baru saja meresmikan bantuan air bersih berupa Wakaf Air Sumur Bor, di Kampung Tondong Bilas, Kecamatan Mbeliling, Nusa Tenggara Timur pada hari Jumat (20/9/24). Setelah proses pengeboran yang memakan waktu tiga minggu, akhirnya akses air bersih sudah bisa dimanfaatkan oleh ratusan keluarga di wilayah tersebut.

“Tentunya saya dan warga Kampung Tondong Bilas sangat bersyukur dengan adanya bantuan air bersih ini. Karena melalui air sebagai kebutuhan dasar warga, kami jadi bisa beraktivitas dengan normal tanpa adanya kesulitan dan kendala apapun seperti sebelumnya” ucap Nahmudah, selaku salah satu kepala keluarga di Kampung Tondong Bilas.

Nahmudah juga menceritakan tentang sulitnya ia dan warga sekitar, khususnya para ibu rumah tangga, dalam mengambil air bersih beberapa waktu sebelum adanya bantuan dari donatur Wakaf Salman. Dikatakannya bahwa medan yang curam sangatlah menjadi tantangan pada saat itu. Belum lagi, dalam satu hari warga harus mengambil setidaknya tiga sampai empat kali balikan untuk kebutuhan memasak dan lainnya.

Baca Juga: Dingin dan Was-was, Tengok Kisah Penerima Manfaat di Kab Bandung!

Pengeboran tanah dengan kedalaman 95 meter membuat aliran air yang muncul tersedia sangatlah deras dan mampu mencukupi kebutuhan sebanyak 210 warga.

Atas dasar itu, kegembiraan yang sama dirasakan juga oleh warga lain bernama Syarif Huntara. Beliau mengatakan bahwa warga kini sudah tidak perlu kesulitan lagi dalam mendapatkan air berkat bantuan dari para donatur Wakaf Salman. Karenanya, ia sebagai perwakilan para warga berkomitmen untuk menjaga amanah aset wakaf ini dengan sangat baik.

Dokumentasi: Wakaf Salman Menyalurkan Bantuan Wakaf Air Bersih

“Kini air sudah mengalir dengan kencang dan besar. Kami mengucapkan terima kasih kepada para donatur di Wakaf Salman karena telah membantu warga Nusa Tenggara Timur, khususnya Kampung Tondong Bilas, dalam menyediakan sumber air bersih bagi kami” ujar Syarif.

Ryan Faisal, selaku Manager of Waqf Development Team, dari Wakaf Salman, menyatakan bahwa program Wakaf Air akan terus disebarkan, khususnya di wilayah terdampak kekeringan. Selain NTT, ada pula beberapa program yang sudah dan akan terus berjalan di NTB.

“Bagi Sobat Wakaf yang ingin berkontribusi dalam kemaslahatan umat, Sobat bisa menunaikan wakaf dan infak terbaiknya melalui website wakafsalman.or.id atau DM Instagram @wakafsalman.itb” tutup Ryan.

Yuk, tunaikan Wakaf dan Infak terbaikmu! Klik tombol di bawah ya..

Ilustrasi Wakaf Air

Leave a Comment