Catat, Ini 8 Peristiwa Penting di Rabiul Akhir!

Setiap bulan dalam Islam memiliki momentumnya tersendiri. Begitu juga dengan adanya peristiwa penting di Rabiul Akhir, salah satu bulan dalam kalender Hijriah. Ya, Rabiul Akhir adalah bulan keempat dalam kalender Hijriyah yang memiliki makna tersendiri bagi umat Muslim.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Rabiul Akhir dan mengulas delapan peristiwa penting yang terjadi pada bulan ini. Mari kita simak bersama peristiwa penting di Rabiul Akhir yang mungkin belum Sobat Wakaf ketahui!

Apa itu Rabiul Akhir?

Rabiul Akhir merupakan bulan keempat dalam kalender Hijriyah, yang mengikuti bulan Rabiul Awal. Nama “Rabiul Akhir” sendiri berarti “musim semi terakhir” dalam bahasa Arab. Penamaan Rabiul Akhir tidak terlepas dari peristiwa musim rabi’ atau musim semi yang terjadi di Arab ketika itu. Pada musim itu rumput-rumput menghijau, tanaman tumbuh dengan subur, dan banyak pepohonan yang berbuah. Umumnya peristiwa ini terjadi selama 2 bulan. Sehingga disematkan untuk 2 nama bulan, yaitu Rabiul Awal dan Rabiul Akhir.

Baca Juga: Menelusuri Sejarah Wakaf dari Zaman Rasulullah Hingga Kini

Meskipun tidak ada ibadah khusus yang diwajibkan pada bulan ini, Rabiul Akhir tetap memiliki arti penting dalam sejarah Islam karena berbagai peristiwa bersejarah yang terjadi pada bulan ini. Lalu, apa saja sih peristiwa penting di Rabiul Akhir tersebut? Yuk simak tulisan di bawah!

Peristiwa Penting di Rabiul Akhir

Ilustrasi - Peristiwa Penting di Rabiul Akhir

Berikut adalah 8 peristiwa penting yang terjadi di bulan Rabiul Akhir yang patut kita ketahui:

1. Turunnya Surah Al Hasyr

Salah satu peristiwa penting di Rabiul Akhir adalah turunnya Surah Al Hasyr. Turunnya surah Al Hasyr dilatarbelakangi upaya pembunuhan yang dilakukan oleh kaum Yahudi Bani Nadhir kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Surah ini diturunkan setelah pengusiran Bani Nadhir dari Madinah karena pengkhianatan mereka terhadap perjanjian dengan umat Muslim. Surah Al Hasyr berisi pelajaran penting tentang konsekuensi pengkhianatan dan pentingnya menjaga kepercayaan dalam bermasyarakat.

2. Diutusnya Khalid bin Walid kepada Bani al-Harits

Pada bulan Rabiul Akhir tahun 10 Hijriyah, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengutus Khalid bin Walid untuk berdakwah kepada Bani al-Harits di Yaman. Misi ini bertujuan untuk mengajak mereka masuk Islam secara damai. Keberhasilan Khalid bin Walid dalam misi ini menunjukkan pentingnya pendekatan yang bijaksana dalam berdakwah.

3. Perang Bahran

Perang Bahran adalah perang yang dipimpin langsung oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan perang ini merupakan perang dengan mobilisasi yang besar. Perang Bahran bermobilisasi menuju suatu wilayah yang beranama Bahran, suatu daerah pertambangan di Hijaz.

Rasulullah dan pasukan tinggal di daerah tersebut mulai dari bulan Rabiul Akhir sampai Jumadil Awal, lalu akhirnya pulang ke Madina dan tidak sampai terjadi bentrokan senjata. Meskipun tidak terjadi pertempuran langsung, peristiwa ini menunjukkan kesiapsiagaan umat Muslim dalam menghadapi ancaman eksternal.

4. Pasukan Ali bin Abi Thalib Menghancurkan Patung

Pada suatu ketika, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengutus Ali bin Abi Thalib untuk menghancurkan patung yang masih ada di dalam rumah-rumah masyarakat. Dengan sigap Ali bin Abi Thalib beserta pasukannya pergi menuju Al-Fals untuk menghancurkan patung berhala milik Thayi’. 

Peristiwa penghancuran patung ini terjadi pada akhir bulan Rabiul Akhir 9 Hijriyah. Peristiwa ini menjadi simbol penting dalam pemberantasan praktik penyembahan berhala dan penegakan tauhid di tanah Arab.

5. Perang Jamal

Perang Jamal adalah perang pertama yang terjadi pada masa pemerintahan Ali bin Abi Thalib. Perang Jamal terjadi karena kemauan orang-orang yang sangat antusias mempertahankan kebenaran dan menuntut balas atas kasus pembunuhan Utsman bin Affan. Konflik ini melibatkan Ali bin Abi Thalib dan kelompok yang dipimpin oleh Aisyah, Thalhah, dan Zubair. Perang ini menjadi pelajaran penting tentang pentingnya persatuan umat dan bahaya perpecahan dalam internal Muslim.

6. Penaklukan Damaskus

Salah satu peristiwa penting di Rabiul Akhir adalah penaklukan kota Damaskus oleh pasukan Muslim pada tahun 14 Hijriyah. Pada masa itu, tentara Islam yang dipimpin oleh Abu ‘Ubaidah bin Al Jarrah dan Khalid bin Al Walid berhasil menaklukkan Damaskus. Kemudian kota inilah yang menjadi salah satu kota penting dalam sejarah Islam. Sebab Kota Damaskus banyak melahirkan ilmuan-ilmuan Islam terkenal.

7. Umar bin Khattab diangkat Menjadi Khalifah

Pada bulan Rabiul Akhir tahun 13 Hijriyah, Umar bin Khattab diangkat menjadi Khalifah kedua setelah wafatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq. Pengangkatan Umar bin Khattab menandai dimulainya era baru dalam kepemimpinan Islam yang ditandai dengan berbagai ekspansi dan reformasi internal.

8. Kemenangan Islam

Bulan Rabiul Akhir juga menjadi saksi berbagai kemenangan Islam dalam berbagai aspek. Mulai dari kemenangan dalam pertempuran, keberhasilan dalam diplomasi, hingga pencapaian dalam bidang ilmu pengetahuan dan peradaban. Beberapa di antaranya kemenangan umat Islam ialah Perang Najran, pengusiran kaum Yahudi Bani Nadhir, Perang Al-Ghabah atau Zi-Qarad, dan perang Al-Ghamar. Kemenangan-kemenangan ini menjadi bukti perkembangan dan kemajuan umat Islam sepanjang sejarah.

Sobat Wakaf, itulah 8 peristiwa penting di Rabiul Akhir yang perlu kita ketahui. Setiap peristiwa tersebut memiliki makna dan pelajaran tersendiri bagi kita sebagai umat Muslim. Dengan memahami sejarah ini, kita dapat mengambil hikmah dan inspirasi untuk terus memperbaiki diri dan memajukan umat.

Baca Juga: Apa Itu Kemaslahatan? Simak 3 Ketentuannya di Sini!

Mari kita jadikan pengetahuan tentang peristiwa penting di Rabiul Akhir ini sebagai motivasi untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan memahami sejarah, kita bisa lebih menghargai perjuangan para pendahulu kita dan terinspirasi untuk memberikan kontribusi positif bagi umat dan masyarakat luas.

Selain upaya menyegarkan ingatan kita terkait sejarah Islam, kita bisa juga berkontribusi untuk kemaslahatan umat pada momentum Rabiul Akhir ini, dengan cara menunaikan wakaf dan infak terbaiknya melalui Wakaf Salman, pada program-program sosial seperti Wakaf Air, Wakaf Masjid, Wakaf Pembangunan RS Salman Hospital, dsb. Ingin berkontribusi untuk umat? Yuk, tunaikan wakaf dan infak terbaikmu sekarang! Klik tombol di bawah ya..

Leave a Comment