Antri Lama di Rumah Sakit, Apa Dampaknya?

Apa yang dirasakan ketika antri lama di rumah sakit? Lalu, apa jadinya jika anggota keluarga kita ada yang sakit dan harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan di rumah sakit? Hal tersebut tentu saja memiliki efek domino yang signifikan, mulai dari perasaan tidak nyaman, hingga cemas. Belum lagi, risiko terkena penyakit lain sangatlah tinggi, entah bagi pasien, maupun yang mengantar.

Pertanyaannya adalah, mengapa antri di rumah sakit bisa sangat panjang? Untuk menjawab polemik tersebut, kami akan memberikan fakta menarik terkait budaya mengantre panjang di rumah sakit Indonesia, mulai dari penyebab hingga dampaknya. Yuk simak tulisannya sampai beres!

Penyebab Antrian Panjang di Rumah Sakit

Jumlah Pasien yang Meningkat

Jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat, turut meningkatkan pula jumlah pasien yang membutuhkan layanan kesehatan. Hal ini tentu saja menimbulkan tekanan yang cukup besar bagi rumah sakit.

Menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk di Indonesia pada tahun 2022 adalah 279,5 juta jiwa. Jumlah ini diproyeksikan akan terus meningkat menjadi 328,2 juta pada tahun 2030 mendatang. Peningkatan jumlah penduduk ini tentu saja akan meningkatkan jumlah pasien. Hal ini bisa dilihat dari data jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Rumah Quran Salman Cigadung Mulai Dibangun

Kekurangan Tenaga Kesehatan

Selain jumlah pasien yang meningkat, kekurangan tenaga kesehatan juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan antrian panjang di rumah sakit. Saat ini, Indonesia masih kekurangan tenaga dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya.

Menurut data Kementerian Kesehatan, jumlah tenaga kesehatan di Indonesia pada tahun 2022 adalah 1,2 juta orang. Jumlah ini masih jauh dari jumlah yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat.

Manajemen Rumah Sakit yang Tidak Efektif

Kekurangan tenaga kesehatan tentu saja akan berdampak pada kualitas pelayanan di rumah sakit. Manajemen rumah sakit yan gkurang efektif juga bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan antrean panjang. Hal ini bisa terjadi karena kurangnya koordinasi antar unit, atau karena proses pelayanan yang tidak efektif.

Dampak Antri Lama di Rumah Sakit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, antrean panjang di rumah sakit memiliki efek domino dan dampak yang signifikan. Mayoritas efek yang ditimbulkan adalah efek yang negatif.

Pasien Bisa Merasa Stres dan Cemas

Menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan bisa membuat pasien merasa stres dan cemas. Hal ini bisa berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental pasien.

Penurunan Kualitas Hidup

Antrean panjang bisa menyebabkan pasien mengalami penurunan kualitas hidup. Bayangkan saja, pasien yang seharusnya mendapatkan perawatan dan pelayanan terbaik, harus dipaksa menunggu oleh hal-hal yang semestinya bisa dikerjakan dengan cepat.

Risiko Tertular Penyakit Lain

Pasien yang menunggu lama di rumah sakit bisa berisiko tertular berbagai macam penyakit lainnya. Hal tersebut bisa terjadi karena pasien harus berada di lingkungan yang sama dengan pasien lain, yang notaben daya tahan tubuh masing-masing pasien sedang lemah. Risiko ini tidak hanya terjadi di pasien, melainkan penunggu juga, loh!

Baca Juga: Dingin dan Was-was, Simak Kisah Mengharukan Penerima Manfaat dari Kab Bandung!

Bagaimana Solusinya?

Sebagai solusi dari semua permasalahan yang kerap terjadi di orang-orang terdekat, bahkan di diri kita sendiri, maka Wakaf Salman tengah berupaya untuk menghadirkan solusi yang efektif terkait pelayanan kesehatan untuk umat.

Saat ini, Wakaf Salman tengah berikhtiar dalam membangun fasilitas kesehatan bernama Rumah Sakit Salman Hospital. Nantinya, rumah sakit ini akan memiliki berbagai macam program antara lain; Safety, Sustainable, Smart, Syar’i, dan Hospitality.

Selain itu, RS Salman Hospital juga akan mengedepankan kecepatan dan ketepatan pelayanan bagi siapapun yang membutuhkan pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat tak perlu lagi mengantre panjang demi mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik.

Mari bantu kami untuk menghadirkan layanan kesehatan yang cepat, tepat, dan syar’i dengan berwakaf untuk pembangunan RS Salman Hospital!

Sobat Wakaf bisa menyalurkan Wakaf dan Infak terbaiknya melalui tombol di bawah ini!

1 thought on “Antri Lama di Rumah Sakit, Apa Dampaknya?”

Leave a Comment