Ini dia 5 Beda Infaq dan Sedekah, Mana yang Lebih Utama?

Apa yang terpikir oleh Sobat Wakaf ketika mendengar kata infaq dan sedekah? Emang apa sih beda infaq dan sedekah? Yuk, kita bahas.

Bagi sebagian orang, infaq dan sedekah memiliki pengertian yang sama karena keduanya bertujuan berbagi kepada sesama. Padahal, infaq dan sedekah adalah dua hal yang berbeda lho Sobat Wakaf.

Infaq dilakukan dengan memberikan harta atau materi. Sedangkan sedekah, bisa dilakukan tanpa mengeluarkan harta. Bahkan tersenyum pun termasuk sedekah. Hal ini dijelaskan dalam hadits riwayat Tirmidzi bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata sudah termasuk sedekah orang yang memberikan senyum kepada saudaranya.

Berikut telah dirangkum 5 beda infaq dan sedekah serta mana sih yang lebih utama. Yuk, simak pembahasannya sampai habis supaya tidak penasaran!

Beda Infaq dan Sedekah

1. Definisi

Berdasarkan definisi sudah sangat jelas perbedaan antara infaq dan sedekah. Infaq berarti mengeluarkan harta atau materi untuk sesuatu kepentingan agama Islam. Sedangkan sedekah adalah bantuan yang diberikan seseorang secara sukarela dengan mengharap ridho Allah.

2. Konsep

Selain definisi, infaq dan sedekah juga dapat dibedakan berdasarkan konsepnya. Infaq adalah pemberian harta atau materi dalam rangka menunaikan hajat atau kepentingan tertentu dalam agama Islam. Sementara sedekah cakupannya lebih luas daripada infaq. Cakupan sedekah tidak hanya pada materi. Sedekah berupa segala kebaikan yang dilakukan dengan tujuan memperoleh ridho Allah.

3. Kepentingan

Dalam hal kepentingan, infaq biasanya digunakan untuk kepentingan umat Islam dalam bidang sosial, ekonomi, dan keagamaan. Misalnya infaq untuk pembangunan/renovasi masjid, sekolah, atau fasilitas umum lainnya. Sedangkan  sedekah digunakan untuk meringankan beban orang yang membutuhkan. Contohnya sedekah untuk membantu kebutuhan pangan, sandang, dan papan bagi orang-orang yang membutuhkan.

4. Sasaran

Infaq dan sedekah juga memiliki sasaran yang berbeda. Biasanya sasaran infaq lebih spesifik. Infaq digunakan untuk memenuhi kebutuhan umum dan mendukung berbagai kegiatan sosial. Misalnya, infaq untuk korban bencana alam atau infaq untuk membelikan kebutuhan pokok di panti asuhan. Sedekah memiliki sasaran yang lebih luas daripada infaq dan diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan. Misalnya sedekah untuk meringankan beban orang-orang yang hidup dalam kondisi kesulitan finansial.

Baca Juga: Kisah Casmad Sang Penghafal Quran yang Mendapat Bantuan

5. Contoh

Agar lebih mudah memahaminya, Sobat Wakaf perlu mengetahui apa saja contoh dari infaq dan sedekah. Contoh infaq dapat berupa sumbangan untuk renovasi atau pembangunan masjid, pembangunan sekolah, atau infaq untuk kegiatan sosial di masyarakat.

Nah, kalau contoh sedekah biasanya adalah pemberian makanan kepada orang yang kelaparan, membantu tetangga yang sedang kesulitan, atau bahkan tersenyum kepada orang lain juga termasuk sedekah lho. Tapi bukan senyum-senyum ga jelas penyebabnya ya Sobat Wakaf.

Manfaat Infaq dan Sedekah

beda infaq dan sedekah

Sama seperti amal ibadah lainnya, infaq dan sedekah pun memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat infaq dan sedekah yang bisa Sobat Wakaf peroleh di antaranya sebagai berikut:

  1. Hubungan dengan masyarakat menjadi lebih baik.
  2. Menghindari sifat takabur dan sombong.
  3. Terbebas dari kerakusan dan obsesi harta berlimpah.
  4. Mendapat ridho Allah subhanahu wata’ala

Keutamaan Infaq dan Sedekah

Selain memperoleh pahala dan keridhoan Allah, Sobat Wakaf juga akan memperoleh keutamaan dari berinfaq dan bersedekah. Adapun keutamaan infaq dan sedekah adalah sebagai berikut:

1. Menyucikan hati

Meskipun infaq dan sedekah berbeda, tetapi keduanya sama-sama menyucikan hati. Ketika Sobat Wakaf berinfaq dan bersedekah maka saat itu juga Sobat Wakaf telah membersihkan hati dari sifat kikir atau serakah.

2. Memperoleh keberkahan

Sebagaimana Allah berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 245 bahwa akan dilipatgandakan harta benda yang diberikan ke jalan Allah. Apabila berinfaq dan bersedekah, maka yakinlah Sobat Wakaf akan memperoleh keberkahan dan kemudahan dalam menjalani hidup.

3. Mengatasi Kesulitan

Keutamaan infaq dan sedekah lainnya adalah mengatasi kesulitan hidup. Jika Sobat Wakaf merasa sedang sulit, cobalah untuk berinfaq atau bersedekah. Bahkan, untuk masalah keuangan pun infaq dan sedekah adalah jalan keluarnya. Salah satu amalan pembuka pintu rezeki adalah infaq dan sedekah.

Dalam sebuah hadits riwayat Imam Baihaqi, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengajak umatnya untuk segera bersedekah karena sedekah dapat mengatasi bala bencana.

4. Menghapus Dosa

Tidak perlu diragukan lagi bahwa infaq dan sedekah adalah dapat menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat. Bahkan ada sebuah analogi yang dikatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dalam hadits riwayat Tirmidzi, sedekah itu menghapus dosa seperti air memadamkan api. Juga sering kita mendengar kalau orang sudah meninggal diberikan kesempatan hidup lagi di dunia walau sebentar saja, maka ia akan bersedekah.

5. Mendekatkan Diri kepada Allah

Dengan berinfaq dan bersedekah maka Sobat Wakaf sudah termasuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Infaq dan sedekah adalah salah satu ibadah mengantarkan kita menjadi lebih dekat dengan Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana tercantum dalam surah Al-Baqarah ayat 267 yang menyeru kepada orang-orang beriman untuk menginfaqkan sebagian dari hasil usaha yang baik. Dan melarang untuk menginfaqkan dari usaha yang buruk.

Baca Juga: 5 Manfaat Sedekah di Bulan Muharram

Nah, itu lah perbedaan infaq dan sedekah beserta manfaat dan keutamaannya. Jadi, jika ada yang bertanya mana yang lebih utama antara infaq dan sedekah? Maka Sobat Wakaf bisa menjawab dengan keduanya sama-sama utama dan penting untuk dilakukan.

Baik infaq maupun sedekah, asalkan dilakukan dengan ikhlas, pasti mendatangkan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Yu, Sobat Wakaf mulai sekarang kita tingkatkan lagi amalan infaq dan sedekah kita. Sobat Wakaf bisa banget menunaikan Wakaf, Infak, dan Sedekah terbaiknya melalui Wakaf Salman. Cukup klik tombol di bawah ini!

Leave a Comment