5 Contoh Wakaf untuk Pemberdayaan Umat

Halo Sobat Wakaf! Ada banyak sekali contoh wakaf dalam praktiknya memberdayakan umat atau masyarakat luas. Wakaf sendiri merupakan amalan yang sangat keren dalam Islam. Yup, sebab wakaf nggak cuma bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi masyarakat luas dari berbagai kalangan.

Di pembahasan kali ini, kita bakal bareng-bareng bahas tentang apa aja sih contoh wakaf untuk pemberdayaan umat. Buat lebih paham, yuk simak tulisannya sampai habis!

Pemberdayaan Wakaf

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh wakaf untuk pemberdayaan umat, Sobat Wakaf harus paham dulu mengenai pemberdayaan wakaf. Jadi, pemberdayaan wakaf itu nggak cuma sekadar ngasih sesuatu untuk diwakafkan, setelah itu selesai. Nggak, bukan gitu.

Pemberdayaan wakaf adalah cara bagaimana supaya sesuatu yang telah diwakafkan bisa terus-menerus memberikan manfaat untuk banyak orang. Gimana, keren banget kan?

Baca Juga: Apa Itu Wakaf, dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Contoh Wakaf untuk Pemberdayaan Umat

Nah, sekarang mari kita intip 5 contoh wakaf untuk pemberdayaan umat yang bisa banget jadi inspirasi Sobat Wakaf dalam menunaikan sedekah jariyah kelak.

1. Wakaf Pembangunan dan Pemberdayaan Masjid

Wakaf pembangunan dan pemberdayaan masjid adalah wakaf yang mungkin paling sering Sobat Wakaf dengar. Dalam sejarah Islam, Masjid Nabawi adalah wakaf pertama Rasulullah SAW di Madinah yang didirikan setelah beliau membangun Masjid Quba.

Wakaf masjid nggak sekadar membangun masjid doang lho. Sobat Wakaf juga bisa wakaf untuk program-program yang memiliki banyak manfaat di masjid.  Misalnya, bikin perpustakaan, ngadain kajian rutin, atau bikin TPA. Jadi masjidnya nggak cuma ramai pas sholat doang, tapi juga jadi pusat kegiatan umat.

Ingat, masjid yang makmur adalah cerminan bagaimana jamaahnya beriman dan berupaya dalam memuliakan nilai-nilai Islam.

2. Wakaf Kesehatan

Sering kali kita mendengar kesehatan itu mahal harganya. Makanya, wakaf di bidang kesehatan sungguh sangat penting. Contohnya, Sobat Wakaf bisa wakaf untuk bikin klinik atau rumah sakit gratis, atau menyumbang alat-alat kesehatan dan obat-obatan. Bahkan, kalau punya skill di bidang kesehatan, Sobat Wakaf bisa mewakafkan ilmunya dengan menjadi relawan.

Dalam sejarah Islam, wakaf rumah sakit sudah sangat banyak dilakukan. Contohnya seperti RS Al-adaudi di Baghdad, RS An-Nuri di Damaskus, dan RS Al-Mansuri di Kairo. Rumah sakit-rumah sakit tersebut tidak hanya menyediakan layanan dan fasilitas kesehatan gratis kepada siapa pun. Tetapi juga merupakan pusat pengembangan ilmu kedokteran. Iya, bener banget. Dari dulu Islam udah terkenal dengan ilmu kedokterannya.

3. Wakaf Pendidikan

Pendidikan adalah kunci kemajuan umat. Sobat Wakaf bisa banget nih wakaf buat bikin sekolah atau madrasah. Tidak hanya itu, wakaf pendidikan lainnya bisa berupa pembangunan rumah baca, rumah tahfidz, pembagian buku, pembagian Al-Quran, alat-alat belajar atau bahkan beasiswa buat anak-anak yang kurang mampu.

Sebagai contoh wakaf pendidikan misalnya percetakan Raja Fahd yang telah mewakafkan Al-Quran dengan 53 bahasa di dunia. Wakaf pendidikan lainnya bisa dengan pemberian beasiswa buat anak-anak yang kurang mampu sehingga mereka dapat melanjutkan sekolah bahkan hingga ke perguruan tinggi. Bayangin deh, berapa banyak orang yang bakal terbantu.

Nah siapa yang sangka, Wakaf Salman juga punya, lho, aset wakaf yang kini bergerak di bidang program wakaf pendidikan. Itu semua tentu berkat kebaikan dan kesetiaan para Wakif termasuk Sobat Wakaf sekalian, dalam menunaikan wakaf dan infak terbaiknya untuk program Rumah Quran Salman.

4. Wakaf Air Bersih

Salah satu sahabat Nabi yang terkenal kaya dan dermawan, Utsman bin Affan, membuat sumur wakaf pertama di dunia. Ketika itu Madinah sedang kesulitan air bersih dan satu-satunya sumber air bersih yang tersisa adalah sumur milik seorang Yahudi. Karena ingin untung besar, maka orang Yahudi tersebut mengharuskan masyarakat lainnya membayar untuk mendapatkan air bersih tersebut. Mengetahui hal itu, Utsman bin Affan membeli sumur tersebut dari orang Yahudi dan mewakafkannya. 

Di daerah sekitar kita, masih sangat banyak daerah yang kesulitan mendapat akses air bersih. Nah, bisa lho Sobat Wakaf untuk bikin sumur atau saluran air bersih. Wakaf air bersih sangat bermanfaat bagi umat. Orang-orang jadi punya akses air bersih, bisa mandi, masak, dan yang paling penting, wudhu jadi gampang.

Baca Juga: Dingin dan Was-was, Simak Kisah Mengharukan Penerima Manfaat di Kab Bandung

5. Wakaf Uang

Yang terakhir ini nih yang lagi ngetren banget. Pendayagunaan harta wakaf lebih efisien apabila menggunakan wakaf uang karena wakaf uang lebih fleksibel daripada wakaf dengan benda tidak bergerak.

Sobat Wakaf bisa menyumbang dari nominal kecil, dan uangnya bisa dikelola sama lembaga wakaf buat program-program pemberdayaan umat. Misalnya, buat modal usaha kecil, atau diinvestasikan dengan cara syariah. Hasil keuntungannya bisa dipakai buat bantu orang banyak.

Nah, itu dia 5 contoh wakaf yang bisa Sobat Wakaf lakukan untuk memberdayakan umat. Keren-keren banget kan? Nggak perlu nunggu kaya dulu buat wakaf, karena berapapun nominalnya, manfaat yang dihasilkan sangatlah besar.

Wakaf Salman juga gak bosen-bosen ngingetin Sobat Wakaf agar ikut berkontribusi dalam pemberdayaan umat dan masyarakat luas. Mulai dari yang kecil-kecil aja dulu deh, yang penting ikhlas dan istiqomah.

Gimana, udah siap bermanfaat bagi umat dan masyarakat luas? Yuk, langsung klik tombol di bawah!

Wakaf-Sekarang

2 thoughts on “5 Contoh Wakaf untuk Pemberdayaan Umat”

Leave a Comment