4 Hal yang Didapat dari Membangun Masjid

Sebagaimana kita ketahui, membangun masjid tentu memiliki banyak sekali keutamaan yang dapat kita rasakan manfaatnya. Hal ini bahkan sudah tercatat dalam HR. Ibnu Majah. Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.”

Terlepas dari itu, di era modern ini banyak sekali masjid-masjid yang memang sudah lazim menjadi wadah aktivitas bagi para jamaahnya mulai dari aktivitas sosial, kebudayaan, maupun kreativitas. Maka, membangun masid merupakan salah satu upaya memakmurkan masjid itu sendiri.

Di pembahasan kali ini, kita akan sama-sama membahas terkait X hal yang bisa kita dapatkan dari membangun masjid. Yuk, simak tulisannya sampai habis!

Apa Itu Masjid?

Jika menilik dari fungsi utamanya, masjid adalah sebuah bangunan atau rumah ibadah bagi umat muslim yang hendak melaksanakan sholat. Selain itu, masjid juga kerap digunakan untuk menyebarkan syiar agama Islam lewat berbagai macam program, agenda, juga kegiatannya.

إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللهِ مَنْ آمَنَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا اللهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ  

“Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk” (QS Al-Taubah: 18).

Baca Juga: 4 Peran Masjid dalam Membangun Peradaban Manusia

Perintah Memakmurkan Masjid

Dalam ajaran Islam sendiri, memakmurkan masjid adalah salah satu amalan yang penuh dengan keutamaan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memakmurkan masjid selain sholat berjamaah.

Meski demikian, kita tahu bahwa tidak semua masjid terlihat ramai dan makmur karena hal-hal tertentu. Ada banyak masjid di lingkungan sekitar kita yang cenderung sepi, padahal Allah subhanahu wa ta’ala sudah memerintahkan kepada seluruh hamba-Nya untuk memakmurkan masjid.

Kita, sebagai umat Muslim memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk memakmurkan masjid, baik bersifat material maupun spiritual. Merawat dan memelihara sarana prasarana masjid juga salah satu upaya memakmurkan masjid agar senantiasa terjaga kebersihan, keindahan, dan kenyamanannya.

Lantas apa saja sih contoh memakmurkan masjid lainnya?

  1. Rehabilitasi dan renovasi masjid
  2. Rutin melaksanakan kegiatan
  3. Mengadakan pendidikan formal maupun informal
  4. Menyelenggarakan kegiatan sosial
  5. Menjadikan masjid sebagai pusat peradaban

Kelima hal di atas dapat kita lakukan sebagai tanggung jawab kita terhadap sebuah masjid. Niscaya, semua jejak kebaikan yang kita lakukan tersebut akan menjadi pahala jariyah untuk kita kelak.

Membangun Masjid Sebagai Investasi Akhirat

Ilustrasi - Membangun Masjid

Kita pasti sudah tidak asing dengan istilah Wakaf Masjid. Wakaf Masjid di sini dapat dimaksudkan ke dalam tiga arti. Pertama, Wakaf Masjid dengan mewakafkan bangunan menjadi sebuah masjid. Kedua, Wakaf Masjid dengan mewakafkan tanah untuk dibangun masjid. Ketiga, Wakaf Masjid dengan konsep wakaf melalui uang, untuk dipergunakan membangun sebuah masjid.

Baca Juga: 7 Contoh Amal Jariyah untuk Investasi Akhirat

Ketiganya merupakan medium investasi akhirat. Bagaimana tidak, jika masjid tersebut sudah berdiri tegak dan dapat bermanfaat untuk umat, maka setiap sujud, aktivitas, hingga kegiatan positif lainnya dapat terus mengalirkan pahala bagi kamu yang turut berkontribusi.

Berapapun besar sumbangan untuk masjid, tentunya harus didasari niatan ikhlas karena Allah subhanahu wa ta’ala. Kita juga bisa memanfaatkan Lembaga amal, atau Lembaga Wakaf sebagai perantara kebaikan antara donatur dan penerima manfaatnya.

Perintah membangun masjid juga disebutkan dalam HR. Bukhari no. 450. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

نْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ فِى الْجَنَّةِ مِثْلَهُ

“Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari no. 450 dan Muslim no. 533) 

4 Hal yang Bisa Kita Dapat dari Membangun Masjid

Membangun masjid juga ada manfaatnya loh, Sobat Wakaf. Yup, manfaat untuk jamaah, juga untuk donatur yang berkontribusi dalam pembangunan. Lantas apa saja ganjarannya?

1. Dibangunkan Rumah Megah di Surga

Sesuai hadits yang tadi disebutkan, bahwa siapapun yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangunkan baginya rumah seperti itu di surga. Hadits ini memberi gambaran untuk kita bahwa Allah subhanahu wa ta’ala sangat menilai kualitas dari upaya kebaikan umat-Nya.

2. Pahala yang Terus Mengalir

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Pahala amalan dan kebaikan yang bakal menghampiri seorang mukmin sepeninggalnya–beliau menyebutkan di antaranya, (yakni) mushaf yang ia tinggalkan,

masjid yang ia bangun, rumah untuk orang yang dalam perjalanan yang ia bangun, sungai yang ia alirkan, atau sedekah yang ia keluarkan dari hartanya di kala sehat dan hidupnya, maka ia akan menghampirinya sepeninggalnya.” (HR. Ibnu Majah).

3. Mendapat Naungan di Akhirat

Allah subhanahu wa ta’ala akan memberikan keuntungan yang berlipat-lipat kepada hamba-Nya yang rela dan ikhlas berniaga dengan Allah. Pahala yang berlipat ganda tersebut diberikan Allah baik di dunia, maupn di akhirat.

4. Mendapatkan Keberkahan Hidup

Kita tahu, bahwa Islam mengajarkan umatnya untuk terus bersedekah. Baik kecil atau besar, yang terpenting adalah konsisten dan rutin. Harta yang berkah itulah yang akan membawa umat Islam menuju kebaikan. Dengan menginfakkan hartanya untuk membangun masjid, seorang umat Muslim akan diberikan begitu banyak manfaat dan keberkahan dalam hidup.

Bangun Masjid Sekarang

Itulah tadi 4 hal yang bisa kita dapatkan dari membangun masjid. Begitu banyak manfaat, keberkahan, juga ilmu yang kita dapat hanya dari membangun masjid. Dari masjid, lahirlah peradaban Islam sesungguhnya yang kaya akan ilmu pengetahuan hingga akhir zaman.

Yuk, ikut berkontribusi dalam pembangunan masjid di beberapa titik Nusantara. Salurkan Wakaf dan Infak terbaikmu untuk pembangunan masjid sekarang! Klik tombol di bawah ya..

Leave a Comment