Inilah 3 Keutamaan Sedekah Subuh yang Membuat Hidup Semakin Berkah

Benarkah salah satu keutamaan sedekah subuh adalah bisa menghapus dosa-dosa kita? Emangnya apa sih sedekah subuh itu? Buat lebih memahami manfaat dan keutamaannya, kami udah merangkum dengan seksama beberapa poin penting yang bisa Sobat Wakaf jadikan motivasi buat menunaikan sedekah subuh.

Tapi perlu Sobat Wakaf ketahui dulu nih, bahwa sedekah memiliki keutamaan-keutamaan luar biasa yang memberikan manfaat besar, baik bagi pemberi maupun penerima. Di antara berbagai bentuk sedekah, ada juga yang dikenal sebagai ‘kebiasaan’ sedekah subuh. Gimana, apakah Sobat Wakaf udah gak asing dengan istilah tersebut? Atau malah ternyata udah sering banget menunaikan sedekah subuh?

Jika belum, tenang aja karena pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas 3 keutamaan sedekah subuh yang dapat memacu kita dalam bersedekah.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam, bahwa waktu subuh dianggap sebagai waktu yang penuh berkah.

 اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Artinya: Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.

Walau hadits di atas tidak secara spesifik menjelaskan anjuran untuk bersedekah di waktu subuh namun menyiratkan bahwa waktu pagi adalah waktu yang diberkahi. Maka terbayang bukan betapa besarnya peluang kita mendapatkan keberkahan jika waktu pagi yang kita miliki diisi dengan amal kebaikan, termasuk bersedekah? Tanpa berlama-lama, yuk simak tulisan ini sampai habis!

Apa Itu Sedekah Subuh

Sebagai Muslim, memberikan sebagian dari harta yang kita miliki kepada orang lain yang membutuhkan bukan hanya merupakan bentuk kepedulian sosial, tetapi juga memiliki nilai ibadah. Di antara amal yang ringan dikerjakan namun berat di timbangan adalah sedekah. 

Sama dengan bentuk sedekah lainnya, sedekah subuh adalah pemberian berupa uang, makanan, pakaian, atau bentuk bantuan lainnya yang ditujukan untuk meringankan beban orang lain. Sedekah subuh dilakukan pada waktu, baik sebelum atau sesudah melaksanakan shalat subuh.

Baca Juga: 4 Keutamaan Sedekah Jumat Bagi Seorang Muslim

Sedekah subuh sebenarnya punya manfaat yang sama seperti sedekah pada umumnya. Tapi, ada keutamaan tersendiri dari sedekah subuh yang bikin manfaatnya lebih spesial.

3 Keutamaan Sedekah Subuh

Setidaknya, kami sudah merangkum sebanyak 3 keutamaan sedekah subuh, di antaranya, yaitu:

1. Memulai Hari dengan yang Baik

Melakukan sedekah sebagai kegiatan untuk mengawali hari dapat menciptakan momentum positif yang akan mempengaruhi seluruh kegiatan kita pada waktu-waktu setelahnya. Ketika kita memulai hari dengan melakukan kebaikan, kita menciptakan suasana hati yang positif. 

2. Membuat Kita Bersegera dalam Kebaikan

Keutamaan sedekah subuh selanjutnya adalah bisa menjadi sarana kita mendisiplinkan diri dalam kebaikan. Bersedekah di waktu subuh mendorong kita untuk bersegera dan tidak menunda-nunda untuk melakukan amal kebaikan.

3. Terhapusnya Dosa-dosa Kita

Melalui sedekah kita bisa mendapatkan sarana penyucian hati dan jiwa dari rasa kikir dan egois. Ketika kita memberikan sesuatu dari harta yang kita miliki, kita belajar untuk melepaskan keterikatan terhadap materi. Sedekah juga membuat kita belajar menyadari bahwa apa yang kita miliki hanyalah titipan yang harus disalurkan kembali di jalan-Nya.

Cara Melakukan Sedekah Subuh

“Tidak ada satu hari pun bagi seorang hamba, kecuali datang dua Malaikat yang salah satu dari mereka berdoa, ‘Ya Allah berilah ganti yang lebih baik bagi orang yang bersedekah.’ Malaikat yang satu lagi berdoa, ‘Ya Allah berilah kebinasaan bagi orang yang menahan hartanya.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dengan mengetahui keutamaan sedekah subuh, sudah kah Sobat Wakaf tertarik untuk segera mempraktikkannya? Lalu bagaimana sih cara melakukan sedekah subuh?

Berikut adalah panduan sederhana untuk kamu yang ingin memulai kebiasaan sedekah subuh.

1. Hadirkan Niat yang Ikhlas

Setiap amal tergantung pada niatnya. Walau banyak keutamaan dari sedekah subuh yang berkaitan dengan kemudahan hidup di dunia, tetap pastikan bahwa niat yang harus kida hadirkan adalah semata-mata karena Allah subhanahu wa ta’ala, ya Sobat!

2. Menentukan Jumlah atau Bentuk Sedekah

Sedekah bisa berupa uang, makanan, pakaian, atau bentuk bantuan lainnya. Tidak ada jumlah tertentu yang ditetapkan. Sesuaikan dengan kemampuan diri dan juga kebutuhan penerima 

3. Pilih Sasaran yang Tepat

Sobat Wakaf bisa memberikan sedekah secara langsung kepada orang-orang yang membutuhkan di yang ada di sekitar kita. Atau jika memiliki keterbatasan waktu dan kesulitan untuk menemukan penerima sedekah Sobat Wakaf bisa Lembaga Amil Zakat yang memiliki kredibilitas.

4. Konsisten

Konsistensi dan keberlanjutan aspek penting dalam setiap ibadah. “Amal (kebaikan) yang paling dicintai Allah adalah yang konsisten meski sedikit.” (HR Muslim). Lewat upaya membiasakan diri untuk bersedekah secara rutin, kita bisa membentuk kebiasaan baik dan insya allah mendapatkan pahala yang juga berkelanjutan.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Sedekah Online? Simak Penjelasan dan Hikmahnya!

Gimana Sobat Wakaf, sudah semakin tertarik untuk memulai kebiasaan baik ini dari sekarang? Nah, buat Sobat Wakaf yang bingung mau menunaikan sedekah subuhnya di mana, Wakaf Salman sangatlah terbuka lebar buat membantu Sobat sekalian dalam menunaikan kebaikannya. Sedekah yang Sobat berikan, akan bermanfaat dalam kemaslahatan umat, dan tentunya memiliki dampak berkepanjangan.

Sobat Wakaf juga bisa banget dapet laporan transparansi dari dana yang Sobat sedekahkan melalui Wakaf Salman. Karena satu hal yang kami tanamkan, bahwa rasa cinta dan saling memiliki antara Donatur dan Lembaga akan tumbuh dengan sendirinya seiring adanya keterbukaan dan kepercayaan.

Yuk, tunaikan sedekah subuhmu dengan klik tombol di bawah ini!

Leave a Comment