3 Rahasia Keajaiban Sedekah, Dapat Mendatangkan Rezeki?

Assalamualaikum, Sobat Wakaf! Tau kan kalau keajaiban sedekah itu ada banyak sekali yang bisa kita rasakan? Salah satunya adalah fakta bahwa harta yang kita sedekahkan tidak akan pernah berkurang. Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Maa naqoshot shodaqotun min maalin. 

Artinya: “Sedekah itu tidaklah mengurangi harta”.

(HR. Muslim No. 2588)

Baca Juga: 4 Keutamaan Sedekah Jumat Bagi Seorang Muslim

Mungkin kita akan bertanya-tanya, “kok bisa?”, jika dihitung secara formula matematika, setiap pengurangan akan membuat jumlah harta kita berkurang. Akan tetapi hal ini berbeda dalam konteks sedekah. Apa yang kita keluarkan justru akan menghadirkan hal lain yang nilainya jauh berlipat ganda. 

Menarik ya? Yuk kita bahas lebih lanjut melalui tulisan di bawah ini!

Apa Itu Keajaiban Sedekah?

Apa yang kita semai hari ini adalah yang akan kita petik di kemudian hari. Keajaiban sedekah adalah segala sesuatu yang menjadi manfaat dan balasan yang kita terima atas amal tersebut. Berikut ini adalah tiga keajaiban sedekah:

1. Membersihkan Hati

Sedekah dapat membantu seseorang membersihkan diri dari penyakit hati, seperti kikir, dengki, dan sombong. Melalui sedekah kita dapat melatih sikap ikhlas dan tulus sehingga kita tim buh menjadi manusia yang dermawan, rendah hati dan penuh kasih. 

Siapa sih yang nggak mau jadi pribadi dengan sifat-sifat positif seperti di atas, bener nggak Sobat Wakaf?

2. Membawa Kebahagiaan dan Ketenangan

Mengetahui bahwa kita turut berkontribusi menyalurkan harta titipan Allah sehingga memberikan manfaat langsung kepada orang lain bisa memberi rasa bahagia. Sedekah mengajarkan kita bahwa kebahagiaan tidak hanya berasal dari banyaknya harta yang kita miliki, tetapi juga dari fakta bahwa harta tersebut juga bermanfaat bagi orang lain.

Kebahagiaan dan ketenangan adalah janji Allah bagi orang-orang yang bersedekah. Sebagaimana yang tertera dalam QS. Al-Baqarah ayat 274, yakni:

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ سِرًّا وَعَلَانِيَةً فَلَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 274)

3. Berkah dan Rezeki yang Berlipat Ganda 

Bersedekah akan membuka pintu rezeki dan membawa keberkahan dalam hidup.  Allah subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Q.S. Al-Hadid ayat 18 

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah, baik laki-laki maupun perempuan, dan meminjamkan (kepada) Allah pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) kepada mereka dan baginya (diberikan) ganjaran yang sangat mulia (surga).

Baca Juga: Bagaimana Hukum Sedekah Online? Simak Penjelasannya!

Balasan yang berlipat ganda juga Allah tekankan kembali pada Q.S. Al Baqarah ayat 265 dengan menjelaskan bahwa orang yang bersedekah diibaratkan seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi. Kebun yang disiram oleh hujan lebat, maka akan menghasilkan buah-buahan dua kali lipat. Jika pun tidak makan air embun akan tetap memadai. 

Pengaruh Sedekah pada Rezeki

Ilustrasi Keajaiban Sedekah

Kutipan Surat Al-Hadid di atas adalah bukti janji Allah bagi setiap manusia yang menginfakkan hartanya dijalan Allah. Tidak main-main, bukan hanya dilipat gandakan tapi juga akan diberikan ganjaran paling mulia yang melebihi rezeki di dunia ini, yaitu surga-Nya.

Rezeki = Uang?

Dalam hidup ini, sering kali kita terpaku pada pemahaman bahwa rezeki hanya sebatas uang atau harta materi lainnya. Padahal menurut Islam istilah rezeki merujuk pada segala yang diberikan Allah kepada hamba-Nya sebagai berkah. 

Sehingga, betul sedekah akan melipatgandakan rezeki. Namun rezeki tidak selalu berupa uang. Apapun bentuknya, rezeki jauh lebih luas dari sekadar kekayaan finansial. 

Rezeki juga dapat berupa waktu yang diberikan Allah untuk kita manfaatkan dengan baik, kesehatan yang memungkinkan kita untuk beraktivitas dan beribadah, atau kecerdasan dan bakat yang bisa kita kembangkan dan gunakan untuk kebaikan.

Apabila di awal tadi kita sempat bertanya-tanya, “bagaimana mungkin?”. Maka inilah hitungan matematis yang hanya bisa dilihat dari kacamata keimanan sebagai seorang muslim. Luar biasa kan? 

Nah Sobat Wakaf, semoga bisa dipahami ya penjelasan mengenai keajaiban-keajaiban dari sedekah. Melihat banyaknya keuntungan dan manfaat yang bisa kita dapatkan, rasanya rugi nggak sih kalau melewatkan kesempatan tersebut?

So buat Sobat Wakaf yang ingin menyalurkan sedekah terbaiknya, bisa langsung klik tombol di bawah ini ya!

Leave a Comment