Sedekah di Bulan Muharram Setara dengan Sedekah Satu Tahun? Kenali 5 Keutamaannya!

Memperbanyak sedekah di bulan Muharram adalah perbuatan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alahi Wa Salam. Setiap amal baik yang diniatkan hanya untuk mendapat ridho Allah Ta’ala, pasti akan mendapatkan pahala dan ganjarannya.

Sobat Wakaf pasti tak asing dengan istilah “sedekah”, sebab sedekah adalah amalan yang dapat dilakukan di manapun dan kapan saja. Bahkan nominal bersedekah tak terbatas pada jumlah tertentu. Lantas mengapa sedekah di bulan Muharram bisa setara dengan sedekah satu tahun? Penasaran Kan?

Sebelum itu kita perlu mengenal lebih dalam mengenai bulan Muharram terlebih dahulu. Karena bulan Muharram adalah salah satu bulan yang dimuliakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Maka dari itu, pada pembahasan kali ini kami akan membahas secara singkat mengenai bulan Muharram, keistimewaannya, serta bagaimana hukum sedekah di bulan Muharram dan apa saja keutamaanya. Yuk baca tulisan ini sampai selesai!

Muharram Bulan Apa?

Jadi, Muharram atau Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah. Tak hanya mengawali, tapi bulan Muharram memberikan kesan korektif untuk kita sebagai bahan perenungan serta evaluasi diri. Perenungan mendalam untuk meninggalkan segala sesuatu yang buruk bagi tubuh kita dan merubahnya menjadi lebih baik.

Dalam surah at-Taubah ayat 36, Allah berfirman:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌۗ ذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةًۗ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) ketetapan Allah (di Lauh Mahfuz) pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu padanya (empat bulan itu), dan perangilah orang-orang musyrik semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa.

Dari ayat di atas kita mengetahui bahwa ada 4 bulan haram di sisi Allah, bulan haram berarti bulan suci atau terlarang. Keempat bulan ini memiliki keutamaan dan kehormatan khusus, di dalamnya kita disarankan untuk memperbanyak amal ibadah serta menjauhi perbuatan dosa, salah satunya ialah pada bulan Muharram.

Allah akan melipatgandakan pahala-pahala kebaikan yang kita lakukan pada setiap bulan haram. Sebaliknya, kita tidak boleh melakukan hal yang sia-sia dan merugikan bagi diri sendiri. Pada zaman Jahiliyah, bulan haram hadir sebagai larangan berperang untuk bangsa Arab.

Terlepas dari itu semua, Muharram adalah bulannya Allah atau Syahrullah, Rasulullah SAW. bersabda, “Sebaik-baiknya puasa setelah bulan Ramadhan, ialah berpuasa di bulan Allah yaitu Muharram.” Dalam hadits tersebut, kata Allah dinisbatkan pada kata bulan, ini berarti bahwa Muharram merupakan bulan yang sangat mulia serta terhormat.

Baca Juga: 5 Keutamaan Puasa di Bulan Muharram

Bulan Muharram dan Keistimewaannya

Apakah Sobat Wakaf tahu? Keistimewaan bulan Muharram adalah bulan yang penuh dengan peristiwa penting dan bermakna. Maka dari itu, Muharram menjadi awal waktu yang sangat tepat bagi kita sebagai umat Islam untuk merefleksi diri, meningkatkan ibadah, serta memperkuatkan keimanan.

Berikut poin-poin mengenai sejarah Islam yang terjadi pada bulan Muharram, diantaranya ada:

  1. Hijrah Nabi Muhammad SAW

Muharram menandai awal tahun Hijriyah, yang memperingati peristiwa hijrah Nabi Muhammad dari Mekah ke Madinah. Hijrah ini menjadi titik penting dalam sejarah Islam karena memulai era baru dalam penyebaran ajaran Islam.

  1. Penyelamatan Nabi Musa as

Menurut sejarah, di bulan Muharram Allah SWT. membelah Laut Merah untuk menyelamatkan Nabi Musa dan Bani Israil dari kejaran pasukan Fir’aun.

  1. Puasa Asyura

Selain peristiwa-peristiwa besar, puasa pada Hari Asyura juga menjadi amalan sunnah yang dianjurkan. Rasulullah Shalallahu ‘Alahi Wa Salam berpuasa pada hari ini dan menganjurkan umatnya untuk melakukan hal yang sama. Puasa Asyura diyakini dapat menghapus dosa-dosa kecil selama setahun yang lalu.

Bagaimana Hukum Sedekah di Bulan Muharram?

Sedekah adalah perbuatan yang sangat dianjurkan dalam Islam pada sepanjang tahun, termasuk di bulan Muharram. Sebenarnya, tidak ada hukum yang secara khusus mengatur sedekah di bulan Muharram, namun bersedekah di bulan ini tetap dianggap sebagai perbuatan yang sangat baik dan berpahala.

Dengan demikian, melaksanakan sedekah di bulan Muharram, seperti bulan-bulan lainnya, adalah perbuatan yang sangat dianjurkan dan mendatangkan banyak kebaikan serta pahala. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Baqarah ayat 245 yang artinya:

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Sedekah Online? Simak Penjelasannya!

5 Keutamaan Sedekah di Bulan Muharram

Sedekah tidak akan membuat kita miskin, bahkan dengan bersedekah kita malah akan mendapatkan ganjaran yang berkali-kali lipat oleh Allah Ta’ala. Lalu, Apa saja keutamaan yang membedakan sedekah di bulan Muharram dengan sedekah di bulan lainnya? Simak 5 keutamaannya dibawah ini.

1. Seperti Bersedekah Selama Satu Tahun

Manfaat sedekah di bulan Muharram, yang termasuk salah satu bulan haram, sangat dianjurkan. Jika kita bersedekah di bulan Muharram dengan ikhlas, maka pahala yang diperoleh setara dengan pahala bersedekah selama satu tahun penuh.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amru bin al-Ash, Rasulullah bersabda:

Barangsiapa berpuasa di hari Asyura, maka seakan-akan berpuasa selama setahun, dan barang siapa bersedekah di hari ini, maka seakan-akan bersedekah selama satu tahun.”

2. Melapangkan Jalan ke Surga

Dalam hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW. bersabda,”Barang siapa yang memudahkan orang yang dalam kesulitan, Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim)

Penting bagi kita untuk tidak melewatkan kesempatan pergi menuju surga dengan berbuat baik, terutama dengan bersedekah. Karena dengan bersedekah kita meringankan urusan rezeki orang yang sedang membutuhkan.

3. Mendapatkan Keberkahan Harta

Dalam Quran Surah Al-Baqarah ayat 261, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menjanjikan keberkahan pada harta yang disedekahkan. Karena itulah, Sedekah dapat membuka pintu rezeki dan mendatangkan keberkahan. Dalam bulan Muharram, keberkahan bisa semakin besar karena bulan ini memiliki keistimewaan tersendiri dalam Islam.

4. Menjauhkan Diri dari Bencana dan Musibah

Orang yang menerima sedekah sering kali mendoakan kebaikan bagi pemberi sedekah. Do’a dari orang yang kita tolong dengan sedekah sangat kuat dan dapat menjadi pelindung dari berbagai bencana dan musibah. Selain itu, Allah SWT. sangat mencintai orang-orang yang bersedekah, sebagai balasannya Allah akan memberikan perlindungan dan keberkahan dalam kehidupan mereka.

5. Meningkatkan Rasa Sosial dan Solidaritas

Manusia adalah makhluk sosial, sejalan dengan ajaran Islam kita diajarkan untuk peduli dan membantu sesama, terutama di bulan mulia seperti Muharram. Sedekah dapat membantu meningkatkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama, mempererat tali silaturahmi, serta membantu mengurangi kesenjangan sosial dalam masyarakat.

Dalam Islam sendiri, bersedekah memiliki banyak manfaat, baik bagi yang memberi maupun yang menerima. Karena sedekah dapat membersihkan harta, mendatangkan keberkahan, serta menjadi bentuk nyata dari kepedulian sosial dan kasih sayang terhadap sesama.

Tatkala kita mengulurkan tangan dalam sedekah, bukan sekedar memberi dari harta, tetapi juga menumbuhkan ikatan kemanusiaan yang mendalam. Setiap kontribusi kecil yang kita berikan tidak hanya meringankan beban orang yang membutuhkan, tetapi juga mengukir jejak kebaikan dalam hati mereka.

Melalui lembaga amal terpercaya seperti Wakaf Salman, kita bisa membuka transformasi sosial, di mana setiap sumbangan adalah langkah menuju keadilan, kesetaraan, dan pemberdayaan umat. Mari jadikan sedekah sebagai pilar dalam perjalanan kehidupan kita, Yuk Sobat Wakaf salurkan sedekah terbaikmu di sini!

Klik tombol di bawah ya

Leave a Comment