5 Manfaat Sedekah Quran untuk Orang yang Sudah Meninggal

Bagaimana manfaat sedekah Quran untuk orang yang sudah meninggal? Pernahkah Sobat Wakaf bertanya-tanya apakah jenis sedekah tersebut termasuk ke sedekah jariyah? Berbicara mengenai sedekah Quran, praktik ini sah koh dan makin populer di kalangan masyarakat Muslim, khususnya sebagai bentuk berbagi pahala kepada mereka yang telah berpulang.

Sedekah Quran untuk orang yang sudah meninggal merupakan cara yang mulia untuk terus memberikan manfaat kepada orang tua, kerabat, atau teman yang telah tiada.

Ketika seseorang meninggal maka putuslah semua amal ibadahnya kecuali 3 hal yaitu doa anak yang soleh dan solehah, ilmu yang bermanfaat, dan sedekah jariyah. Banyak cara untuk melakukan sedekah jariyah, salah satunya dengan menunaikan sedekah Quran. Sedekah Quran bukan hanya berarti memberi, tetapi juga menyebar banyak manfaat kepada sesama seperti memperluas ilmu keislaman, memberi kesempatan untuk memiliki, dan menumbuhkan cinta akan gemar membaca Quran.

Di pembahasan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu sedekah Quran dan manfaatnya bagi mereka yang telah meninggalkan kita. Yuk, baca sampai tuntas!

Apa itu Sedekah Quran?

Sedekah Quran adalah bentuk amal jariyah yang dilakukan seseorang dengan mewakafkan atau menyedekahkan Al-Quran atas nama pribadi maupun orang yang telah meninggal. Praktik ini dapat berupa pemberian mushaf Al-Quran kepada masjid, pesantren, lembaga pendidikan Islam lainnya, atau melalui lembaga amil zakat atau lembaga sosial. Selain itu, sedekah Quran juga bisa dilakukan dengan membiayai penerbitan atau distribusi Al-Quran untuk kepentingan dakwah dan pendidikan.

Tujuan sedekah Quran ini adalah untuk memberikan manfaat berkelanjutan baik bagi para penerima manfaat, maupun wakifnya. Setiap kali Al-Quran yang disedekahkan dibaca atau digunakan untuk belajar, pahalanya akan terus mengalir kepada pemberinya.

Manfaat Sedekah Quran untuk Orang yang Sudah Meninggal

1. Mengenang dan Mendoakan

Sedekah Quran menjadi cara yang indah untuk mengenang orang yang telah meninggal. Setiap kali seseorang membaca atau belajar dari Al Quran yang disedekahkan, secara tidak langsung mereka juga mendoakan kebaikan bagi si pemberi sedekah dan orang yang diniatkan. Ini menjadi pengingat abadi akan kebaikan dan kontribusi almarhum atau almarhumah dalam menyebarkan ilmu Al Quran. 

2. Memberikan Pahala dan Keberkahan

Salah satu manfaat utama sedekah Quran adalah pahala yang terus mengalir. Setiap huruf yang dibaca dari Al Quran yang disedekahkan akan menjadi sumber pahala bagi orang yang telah meninggal. Pahala ini akan terus bertambah selama Al Quran tersebut dimanfaatkan, memberikan keberkahan yang tak terhingga di akhirat.

Baca Juga: Ini Dia 5 Manfaat dan Tujuan Orang Berwakaf

3. Meringankan Siksa Kubur

Berdasarkan pendapat ulama bahwa amal jariyah seperti sedekah Quran dapat membantu meringankan siksa kubur. Keberkahan yang diperoleh dari sedekah Quran yang diniatkan untuk almarhum atau almarhumah diyakini dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi mereka di alam kubur. Ini menjadi bentuk kasih sayang dan perhatian kita yang berkelanjutan meski mereka telah tiada.

4. Memberi Syafaat di Hari Kiamat

Al Quran dikenal sebagai pemberi syafaat di hari kiamat. Dengan menyedekahkan Al Quran, kita berharap bahwa bacaan dan manfaat yang diperoleh darinya akan menjadi penolong bagi orang yang telah meninggal pada hari penghakiman. Syafaat ini dapat membantu meringankan perhitungan amal dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan rahmat Allah subhanahu wa ta’ala.

5. Meningkatkan Derajat Orang Tua di Akhirat

Bagi mereka yang menyedekahkan Al Quran untuk orang tua yang telah meninggal, ada harapan bahwa amal ini dapat meningkatkan derajat mereka di akhirat. Setiap kali Al Quran dibaca dan diamalkan, derajat orang tua di sisi Allah subhanahu wa ta’ala diharapkan semakin tinggi. Ini menjadi bentuk bakti anak yang tak terputus meski orang tua telah tiada.

Amalan untuk Orang yang Sudah Meninggal

Selain sedekah Quran, ada beberapa amalan lain yang bisa dilakukan untuk orang yang sudah meninggal. Di antara amalan-amalannya adalaha sebagai berikut.

  • Doa yang tulus dan istiqomah
  • Memohonkan ampunan (istighfar)
  • Bersedekah atas nama mereka
  • Menunaikan hutang atau nazar yang belum terlaksana
  • Menyambung tali silaturahmi dengan kerabat dan teman-teman mereka

Sobat Wakaf, penting untuk diingat bahwa sedekah Quran bukanlah satu-satunya cara untuk berbuat baik kepada orang yang telah meninggal. Namun, ini merupakan salah satu metode yang sangat bermanfaat dan berkelanjutan. Dengan menyedekahkan Al-Quran, kita tidak hanya membantu orang yang telah meninggal, tetapi juga berkontribusi dalam menyebarkan ilmu dan kebajikan kepada masyarakat luas.

Sedekah Quran untuk orang yang sudah meninggal adalah jembatan kasih sayang yang menghubungkan dunia dan akhirat. Semoga dengan pemahaman ini, kita semakin termotivasi untuk berbuat kebaikan, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang-orang yang kita cintai yang telah mendahului kita. Ingin menghadiahi pahala jariyah bagi orang terkasih? Yuk sedekah Quran melalui program yang ada di Wakaf Salman. Klik tombol di bawah ya!

Leave a Comment